Menentukan Ukuran Keramik

No comment 46 views

Menentukan Ukuran Keramik

Menentukan Ukuran Keramik

Memilih keramik untuk menutup lantai sangatlah penting, jangan sampai ukuran keramik menjadi sebuah masalah ketika memasangnya, dan juga jangan lupakan soal motif keramik yang akan dipasang, disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Setiap ruangan sebaiknya menggunakan jenis keramik lantai yang berbeda-beda disesuaikan dengan ruangannya. Misalnya keramik teras, keramik ruang tamu, keramik kamar tidur, keramik ruang dapur dan keramik kamar mandi.

Jenis lantai keramik berdasarkan ukuran dan motif atau coraknya biasanya dibuat dalam berbagai macam ukuran dan motif. Misalnya untuk keramik lantai kamar mandi berukuran 20X20 atau 25X25 tersedia dalam berbagai macam motif dan biasanya permukaannya kasar agar tidak licin. Jika ukuran ruang yang akan ditutup keramik tidak begitu luas, maka ada baiknya memakai keramik berukuran 30×30 atau 40×40 cm. Jika ruang memang luas, ukuran 60 cm x 60 cm akan makin bagus. Sebab makin besar ukuran keramik, akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Untuk dinding kamar mandi biasanya berukuran 20X25 atau 25X40 dalam berbagai macam motif juga dan biasanya permukaanya halus dan sebaiknya warnanya disesuaikan dengan warna keramik lantai kamar mandinya.

Lalu ada keramik ukuran 30X30 biasanya digunakan untuk lantai ruang tamu dan kamar tidur yang ruangannya tidak terlalu luas. Untuk keramik ukuran 40X40 dapat digunakan untuk lantai ruang tamu dan kamar tidur yang agak luas. Untuk warnanya bisa menggunakan warna polos maupun yang motif disesuaikan dengan selera.

Pemasangannya harus memperhatikan nat (jarak antarkeramik). Nat yang jarang akan menambah kesan luas pada ruang. Pola pemasangan keramik, yaitu model parallel atau diagonal juga turut berpengaruh jumlah.