Ciri Semen Yang Bagus

No comment 58 views

Ciri Semen Yang Bagus

Ciri Semen Yang Bagus

Ciri Semen Yang Bagus – Anda sebelum membeli semen harus benar dalam memilih semen dengan kualitas baik, bila tidak maka dapat beresiko terhadap pekerjaan yang akan anda lakukan.

Semen sendiri memiliki 4 unsur pokok, yaitu :

  • Batu kapur (Cao) sebagai sumber utama, yang terdakadang terkotori oleh SiO2, Al2O3, dan Fe2O3
  • Tanah liat yang mengandung senyawa SiO2, Al2O3, dan Fe2O3
  • Pasir kwarsa/batu silika (ditambahkan apabila pada tanah liat sedikit mengandung SiO2)
  • pasir besi (ditambahkan apabila tanah liat sedikit mengandung (Fe2O3)

Ada beberapa ciri yang tampak bila memilih semen yang diantaranya adalah sebagai berikutL:
1. Tidak menggumpal (tekstur halus/tidak menggumpal). Semen yang menggumpal berarti sudah bereaksi dengan uap air/kelembaban dan akan menjadi bagian yang lemah pada plesteran/beton/acian.

2. Waktu mengeras. Ukuran standar adukan semen untuk menjadi kering antara 6-7 jam. Semen yang cepat mengeras biasanya akan menimbulkan retak pada beton/plesteran/acian.

3. Adukan lebih rapat dan rekat. Daya lekat yang baik antara pasta semen dengan agregat menghasilkan campuran bahan bangunan yang padat dan terbaik.

4. Kemasan tertutup sempurna. Kualitas pekerat bahan bangunan semen akan terjaga jika kemasannya juga terjaga, (tertutup rapat, tidak basah, dan tidak terdapat bekas tambalan).

5. Berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia). Pastikan terlebih dahulu sertifikat yang telah diraih, baik SNI atau yang telah bersertifikasi internasional.

6. Baik dalam penyimpanannya. First in, first out. Untuk menjaga kualitas, semen yang Karena cara penyimpanan semen ini sangat penting agar tidak mengurangi kualitasnya, maka penting mengetahui cara menyimpan semen yang baik. Pertama tama adalah Anda harus menyimpan semen dalam ruangan yang tertutup atau paling tidak terhindar dari hujan dan sinar matahari. Kedua, permukaan lantai atau alas dari penyimpanan semen harus rata dan jangan langsung menyimpan semen diatas tanah. Yang terkahir, jangan menumpuk semen terlalu tinggi. Tumpukan semen maksimal adalah 10 sak semen saja.