Keunggulan Semen Tiga Roda

No comment 54 views

Keunggulan Semen Tiga Roda

Keunggulan Semen Tiga Roda

Sebelum memilih semen kita harus mengetahu kualitas semen yang akan kita pakai dan kebutuhan jenis semen agar jangan sampai salah memilih semen berkualitas lebih rendah daripada yang dibutuhkan.

Salah satu merk semen yang telah lama beredar yaitu cemen Tiga Roda, yang menyatakan keunggulan dari semen tersebut yakni:

1. Portland Cement (PC) Jenis I
Semen Portland Jenis I adalah jenis semen yang sangat cocok untuk berbagai macam aplikasi material beton yang tidak memerlukan syarat tertentu dalam penggunaannya.

2. Portland Cement (PC) Jenis II
Berbeda dengan Semen Portland jenis I, Semen Portland Jenis II ini biasa digunakan untuk aplikasi beton yang memerlukan daya tahan yang baik terhadap kadar sulfat sedang. Semen jenis ini lazimnya digunakan untuk daerah yang berkadar sulfat sedang, seperti daerah rawa-rawa atau bangunan tepi pantai, jembatan yang berhubungan dengan air serta kontruksi bendungan.

3. Portland Cement (PC) Jenis V
Salah satu keunggulan semen tiga roda satu ini adalah cocok untuk berbagai aplikasi beton yang memerlukan daya tahan yang bagus untuk kadar sulfat yang tinggi. Misalnya di daerah rawa rawa yang memiliki tingkat keasaman tinggi, dermaga dan silo yang berbahan kimia.

4. PCC (Portland Composite Cement)
PCC ini adalah jenis semen yang paling umum dipakai masyarakat. PCC mempunyai kadar panas hidrasi yang lebih rendah, selama proses pendinginannya. Terutama bila dibandingkan dengan semen jenis Portland I. Jadi bisa dibilang jenis semen ini lebih mudah dalam pengaplikasiannya serta menghasilkan permukaan plester maupun beton yang terlihat lebih rapat dan lebih halus.

5. White Cement (Semen Putih)
Semen putih ialah jenis semen yang bermutu tinggi. Semen putih biasanya digunakan untuk pekerjaan arsitektur, precast, permukaan teraso, beton dengan fiber, stucco, nat ubin, cat semen atau keramik. Bisa juga digunakan untuk struktur banguna yang sifatnya dekoratif.

Keunggulan semen tiga roda jenis semen putih ini, diantaranya rendah kandungan besi serta rendah juga kandungan magnesium oksidanya yang membuat semen putih berwarna lebih gelap atau cenderung ke abu-abu.

6. Oil Well Cement (OWC)

Oil Well Cement mungkin masih asing ditelinga masyarakat umum. karena penggunaannya memang tidak untuk konsumsi rumah tangga biasa. OWC ini biasa digunakan sebagai penyekat pada pengeboran sumur minyak.

Untuk kekokohan dari semen ini, bergantung pada serangan kadar sulfat yang ada, ataupun suhu dan tekanan yang tinggi selama pemompaan berlangsung. Keunggulan semen tiga roda jenis ini adalah karena dibuat melalui proses standar mutu ketat menggunakan stAndar API (American Petroleum Institute).