Pondasi Cakar Ayam

No comment 69 views

Pondasi Cakar Ayam

Pondasi merupakan dasar atau landasan untuk sebuah bangunan yang akan dibangun diatasnya.

Sejarah
Fondasi Cakar Ayam adalah fondasi yang digunakan untuk mengatasi masalah pembangunan konstruksi di atas tanah yang lembek. Sistem fondasi ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo sebagai solusi untuk menghadapi masalah pembangunan di atas tanah lembek kawasan Tanjung Priok pada tahun 1961.

Pada tahun 1961, ketika menjadi pejabat PLN, Prof. Sedijatmo mengemban tanggung jawab untuk mendirikan tujuh menara listrik bertegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol, Jakarta. Ketujuh menara ini didirikan untuk menyalurkan listrik dari Tanjung Priok ke Gelanggang Olahraga Senayan, untuk keperluan penyelenggaraan Asian Games tahun 1962.

Pengertian pondasi cakar ayam
Pondasi cakar ayam adalah salah satu metode rekayasa teknik dalam pembuatan pondasi bangunan.

Disebut pondasi cakar ayam karena bentuknya memang mirip seperti kaki hewan unggas tersebut, di mana di bagian bawah terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar alam. Fungsinya mencengkeram kuat tanah di bawahnya agar bangunan yang dibangun di atasnya benar-benar berdiri kokoh.

Manfaat
Pondasi cakar ayam menjadi solusi mendirikan bangunan di atas tanah yang lembek. Pasalnya, tanah lembek seperti itu menyulitkan pembangunan dengan pondasi konvensional. Lagipula, tanah lembek yang berair sangat mungkin mudah ambles dan bergerak, sehingga tidak direkomendasikan mendirikan bangunan di atasnya.

Kekurangan pondasi cakar ayam
Meskipun sudah terkenal sebagai pondasi yang kuat dan kokoh. Tetap saja pondasi cakar ayam ada kekurangannya. Kamu yang mungkin dalam waktu dekat ini mau membangun rumah dengan sistem pondasi pondasi cakar ayam ini, tidak ada salahnya mengetahui informasinya. Dengan begitu, kamu bisa memilih dan mempertimbangkan sendiri mau memilih pondasi cakar ayam atau konvensional saja.

Biaya pembuatan pondasi cakar ayam lebih mahal dibanding yang konvensional. Hal itu dikarenakan peralatan dan tindakan dalam proses pembuatannya cukup banyak dan rumit.

Kekurangan pondasi cakar ayam yang lain, yaitu hanya bisa diaplikasikan dalam mendirikan bangunan besar dan bertingkat. Pasalnya, bangunan-bangunan yang tinggi dan besar juga membutuhkan pondasi lebih kuat serta kokoh. Sangat tepat memilih pondasi cakar ayam agar bangunan di atasnya tidak mudah roboh.