Bata Ekspos

No comment 61 views

Bata Ekspos

Bata ekspos merupakan salah satu pilihan desain yang sering diterapkan pada dinding untuk menciptakan hunian yang bersuasana natural. Hal ini bisa diperoleh karena material dari tanah liat ini, jika di ekspos dengan susunan yang benar dan rapi, sukses menghadirkan suasana alam nan eksotis.

Yang dimaksud dengan bata ekspos adalah bata penyusun dinding yang dibiarkan polos tanpa plester dan aci. Dengan begitu, akan terekspos karakter bata, baik berupa warna, tekstur dan bentuknya.

Umumnya, bata ekspos menggunakan jenis bata hias. Bata hias dibuat dengan mesin pres yang menghasilkan ukuran seragam serta lebih presisi. Dibandingkan dengan bata biasa, tekstur bata hias lebih halus dan jauh lebih padat dengan pori-pori relatif lebih kecil, juga lebih kuat.

Bata Terakota
Bata terakota memiliki desain yang sangat klasik. Bata terakota memiliki tekstur yang paling halus dengan bentuk yang sangat presisi. Tak heran kalau jenis bata ini merupakan yang paling mahal di antara jenis bata lain.

Satu bata terakota dapat dijual dengan harga lebih dari Rp 3.000. Bata terakota juga memiliki tingkat warna merah yang lebih terang sehingga terlihat lebih elegan. Namun ada juga jenis bata terakota yang dibuat dengan warna natural.

Banyak orang memilih bata terakota karena mudah dalam finishing. Bata terakota juga cenderung lebih awet dan tahan lama. Banyak digunakan untuk desain resto, kafe, atau hunian dengan tema unik dan klasik.

Bata Tanah Liat Belang
Jenis bata ini merupakan jenis bata hias yang dibuat menggunakan tanah liat padat. Teksturnya halus. Uniknya jenis bata ini memiliki tingkat warna yang tidak seragam.

Cirinya beberapa terdapat warna kehitaman hasil dari proses pembakaran sehingga saat disusun menampilkan kesan klasik yang lebih kental.

Jika Anda ingin membuat kesan klasik pada hunian, jenis bata ini yang paling cocok digunakan. Bata tanah liat belang cocok digunakan untuk hunian maupun resto atau kafe.

Bata KWD
Jenis bata KWD merupakan bata hias yang terlaris. Bata KWD terbuat dari tanah liat semi padat, namun tetap memperlihatkan serat-serat dari bata itu sendiri sehingga menonjolkan tekstur bata yang lebih jelas.

Jika diperhatikan, pori-pori pada bata KWD tidak sehalus jenis terakota atau tanah liat belang. Jenis bata ini relatif lebih murah dan ekonomis, namun tidak mengurangi kesan elegan dari bata tersebut.

Tak heran jika jenis bata ini banyak digunakan untuk kafe, resto, dan perkantoran. Untuk memberikan nuansa berbeda, Anda dapat mengecatnya dengan warna putih.